Senin, 14 Januari 2013

Rusia Sebut Penggulingan Assad Mustahil Dilakukan

Moskow, - Pemerintah Rusia terus menolak keras upaya penggantian rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. Ditegaskan bahwa penggulingan Assad bukan bagian dari kesepakatan internasional dan mustahil untuk dilaksanakan.

"Ini prasyarat yang tidak tercantum dalam Deklarasi Jenewa (yang disetujui oleh negara-negara besar pada Juni 2012) dan yang mustahil dilaksanakan," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov seperti dilansir Press TV, Senin (14/1/2013).

Sebelumnya, dalam pidatonya pada Minggu, 13 Januari lalu, Assad menyatakan bahwa pemerintahannya siap untuk menggelar pertemuan dengan oposisi dan partai-partai politik. Assad juga akan menyerukan adanya dialog nasional yang komprehensif setelah pihak-pihak asing menghentikan dukungan mereka untuk para militan di negeri itu.

Pemerintah Rusia telah berulang kali menegaskan dukungannya atas transisi politik di Suriah. Namun ditekankan Rusia, warga Suriah sendirilah yang harus memutuskan masa depan negara mereka tanpa campur tangan pihak luar.

"Menurut pendapat kami, prioritas tugas adalah segera menghentikan setiap kekerasan dan pertumpahan darah serta memberikan bantuan kemanusiaan untuk warga Suriah, termasuk orang-orang yang kehilangan tempat tinggal dan para pengungsi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Suriah telah mengalami pergolakan selama hampir dua tahun. Menurut PBB, puluhan ribu orang telah tewas selama konflik yang terjadi sejak Maret 2011 tersebut.

Sumber : http://news.detik.com/read/2013/01/14/154930/2141654/1148/rusia-sebut-penggulingan-assad-mustahil-dilakukan?n991102605

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com