Kamis, 20 Desember 2012

Google mengambil alih posisi Microsoft sebagai perusahaan teknologi terbesar kedua didunia


Google mengambil alih posisi Microsoft sebagai perusahaan teknologi terbesar kedua didunia.

Hari ini Google (GOOG) akhirnya melangkahi market value Microsoft (MSFT) untuk mengukuhkan diri menjadi perusahaan teknologi terbesar kedua. Dimana saat berita ini diturunkan Market Value Google adalah senilai $249,13 Milyar sementara Microsoft $247,23 Milyar.
(Market Value / Market Cap artinya nilai atau harga estimasi suatu perusahaan berdasarkan jumlah lembar saham yang beredar dikalikan dengan nilai perlembar saham saat diperdagangkan di bursa.)
Dan meskipun Google telah menjadi yang terbesar kedua didunia, tapi untuk dapat merebut posisi satu di bidang teknologi masih sangatlah jauh karena Apple yang saat ini memimpin memiliki market cap sebesar $618,12 Milyar. (note: Apple juga perusahaan terbesar di dunia mengguli Exxon Mobile ($423,74 Milyar) yg ada di posisi 2 dunia)
Microsoft sepertinya dalam trend penurunan karena di awal tahun 2012 Microsoft masih mengungguli Google dengan selisih 19 Milyar dollar. Malahan bila pembaca Info Teknologi kilas balik ke 2 tahun yang lalu, Microsoft masih menjadi perusahaan nomor satu di bidang teknologi sebelum akhirnya di ‘kudeta’ oleh Apple. (Market Cap Microsoft sempat mencapai nilai tertinggi pada Juli 2000 dengan valuasi $430 Milyar)
Penurunan nilai valuasi sebagian besar disebabkan pola konsumen yang mulai meninggalkan PC dan beralih ke mobile (post PC era) dimana hal ini sangat mempengaruhi keuntungan yang diterima Microsoft. Sementara Google yg core product-nya adalah search engine terus meraih keuntungan dari iklan dan terus mengexplorasi dunia mobile dengan platform Android.
Microsoft masih sangat berpeluang mengejar ketertinggalan mereka dan merebut kembali posisi ke-2 dengan segera diluncurkannya Windows 8 yang dapat mendongkrak saham dan market value mereka. Tapi itu tentu saja dengan asumsi bahwa Windows 8 akan sukses karena bila malah sebaliknya maka posisi Microsoft dapat lebih tertinggal jauh dari Google. (via Bloomberg, data: Google Finance)

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com